Penjelasan SOP (Standart Operasional Prosedur)

Assalamualaikum Wr-Wb.
"Hai....apa kabar...??? kali ini saya akan sharing sedikit tentang SOP (Standart Operasional Prosedur. 

"Simak yuk....!

A.Pengertian.                                                                                                      Standart Operating Prosedur (SOP) adalah serangkaian instruksi kerja tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dna oleh siapa di lakukan.                                                                                                Menurut Tjipto Atmoko, Standart Operating Prosedur merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.

 1.Manfaat Standar Operating Prosedur. 
~> sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menyelesaikan tugasnya.   .
~> Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin di lakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas.
~> Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individu pegawai dan organisasi secara keseluruhan.                              ~> Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam meyelesaikan pekerjaan yang meyelesaikan tugasnya.



2.Tujuan Standard Operating Prosedure (SOP) 
~> Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja.
~> Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi.
~> Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait.
~> Melindungi organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahan.
dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.
~> Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan,duplikasi,dan inefisiensi.


3.Fungsi Standarad Operating Prosedure.
~> Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja.
~> Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
~> Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah di lacak.
~> Mengarahkan petugas/pegawai untuk sama-sama di siplin dalam bekerja.
~> Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.

  Oleh karena itu diperlukan standar-standar operasi prosedur  sebagai acuan kerja secara sungguh-sungguh untuk menjadi sumber daya manusia yang profesional, handal sehingga dapat mewujudkan visi dan misi perusahaan.

4.Keuntungan adanya Standard Operating Prosedure (SOP)
~> SOP yang baik akan menjadi pedoman bagi pelaksana, menjadi alat komunikasi dan pengawasan dan menjadikan pekerjaan diselesaikan secara konsisten.
~> Para pegawai akan lebih memiliki percaya diri dalam bekerja dan tahu apa yang harus dicapai dalam setiap pekerjaan.
~> SOP juga bisa dipergunakan sebagai salah satu alat trainning dan bisa digunakan untuk mengukur kinerja pegawai.

             B. SIMBOL-SIMBOL PROSEDUR OPERASI STANDAR
 1.Format Umum Standard Operating Prosedure (SOP)Ada empat faktor yang dapat dijadikan dasar dalam penentuan format penyusunan Standard Operating Prosedure (SOP) yang akan dipakai oleh suatu organisasi yaitu:
~> banyaknya keputusan yang akan dibuat dalam suatu prosedur.
~> Banyaknya langkah dan sub langkah yang diperlukan dalam suatu prosedur.
~> Siapa yamh dijadikan target sebagai pelaksana Standrad Operating
      Prosedure (SOP) 
~> tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan Standard Operating Prosedure
      (SOP) ini.

                   "Sekian dari saya, Semoaga Bermanfaat.


Wassalamualaikum Wr-Wb.
Previous
Next Post »